Friday, January 09, 2004

[un]necessary doubt[s]

X : bisa gak gue ngobrol sama elo sebentar?
Q : ada apa?
X : gue males banget kuliah neh ...
Q : here we go again ... dah nyampe di siklus ini lagi, yah? oh no, you're not gonna quit this time ... i will not let you pull this stunt again ... APA!?!?! (*lho kok kata-kata yang keluar dari mulut gue kok malah keras yah? duh .. i sound like my old man now ...) alasannya apa lagi sekarang?!?! (*calm down Q ... let's hear his side of this story, ok?)

menjadi anak bungsu sedikit banyak mempengaruhi dia ... adik laki-laki ku ini begitu terbebaninya dengan berbagai bayangan yang ada di depan dia, hingga dia merasa tidak nyaman ... sangat tidak nyaman

X : aku pengen kerja ... punya uang sendiri ... bukannya kayak gini ... kuliah terus ... bosen ...
Q : hey, semuanya butuh proses ... aku kan dulu juga gitu ... ini cuma masalah waktu aja ... sebuah proses ...
X : dengan umurku sekarang dan temen-temen aku yang dah banyak yang kerja ... tidak menyenangkan bertemu mereka dan prosesi itu kembali berulang ... udah kerja? ... kerja dimana?
Q : jawab aja emang kamu mesti nyelesein kuliah ini ... abis itu kamu kan bisa cari kerja ...

anak bungsu ini sering sekali berubah minat ... tak pernah dia bisa memantapkan dirinya di sebuah tempat untuk waktu yang lama ... begitupun riwayat perkuliahan dia ... jika dia merasa jenuh, dia bisa meninggalkan kampusnya itu kapanpun dia mau dan sepertinya tidak ada konsekuensi apa-apa buat dia ... oh, nggak ... kemarahan sang ayah selalu bisa membuatnya dia berpikir ulang ... ini kampus keduanya ... setelah kampus pertamanya dia tinggal tanpa ada kepastian ... minatnya pada sastra inggris tak sebesar minat dia pada komputer dan perangkat keras teknologi informasi lainnya ...

X : aku selalu liat kamu sebagai contoh yang sempurna ... semua prang bangga sama kamu ... hidup kamu udah enak ...
Q : proses, dik ... proses ... kamu juga tau kan gimana lelahnya kita berkejar-kejaran dengan sang waktu?
X : trus aku mesti gimana?
Q : pertanyaan tolol sih sebenernya ... aku blom liat kamu menyelesaikan sesuatu hingga tuntas ... kalo aku boleh minta, selesaikan kuliahmu ini ... bukan karena aku juga terlibat dalam membiayai kuliah kamu ... nggak ... aku pengen liat kamu bisa bikin orang tua kita juga bangga ...
X : capek ... am i a loser, bro?
Q : jangan pernah berpikir seperti itu ... at least elo harus berusaha untuk nyelesein yang ini ... dan bilang ke orang di luar sana kalo elo bukan loser ... kalo pun misalnya elo gagal ... at least you die trying ... not just sit around and die ...

i promise myself kalo gue gak akan ninggalin elo ... orang-orang terdekat ini juga gak akan melepaskan dukungannya terhadapmu, bro ... keep fighting ... be success ... or die trying ...