Thursday, February 05, 2004

how to live with problems ...

semalem gue nganterin Yuni pulang ... setelah melewati malam bersama keluarganya dengan makan bubur kacang ijo nan lezat itu, Yuni ngajakkin gue ngobrol panjang, lebar, luas dan tinggi ... sekalian bawa buku rumus matematikanya aja kesini, nak ... hehehe ... brainstorming *artinya mem-badai-kan otak? ... au ah darkness* session dimulai ...

menurut gue ada kita emang hidup dengan berbagai macam pilihan dan masalah ... blom lagi konsekuensinya ... bener gak? *beneeeeeeeeerrrrr .... wuuiiihhh ... dah kayak rapat di kelurahan yang jawab ....*

this is how i see problems and how to live with it ... tapi ini bener-bener dari sudut pandang gue ... so, here goes ...

kalo pas lagi dapet masalah, hal yang pertama gue lakukan ialah ... berpikir cepat ... caranya? masukkan jari kelingking ke idung deh ... ngupil ... uuuaasssyik berat ... *halah ... kok jadi ngaco gini seh?* ... gue biasanya ngeliat masalah ini se urgent apa untuk diselesein ... apakah ini bener-bener layak untuk menjadi bahan pemikiran yang berlarut-larut ...

trus coba tengok ke belakang ... HWARAKADAH!!! ... ngapain loe nungul dibelakang gitu?!?! kaget gue ... gue kira setan ... coba liat lagi ... apa masalah ini timbul dari pilihan-pilihan yang kita ambil? misalnya: gue ngeliat ada mangga mengkel banget dah ... ngiler-ngiler deh ngeliatnya ... trus masalahnya cuma satu ... mangga itu punya wak haji mi'un ... ketua rt disini ... pilihannya cuma dua ... gue jalan terus ... lupain tu mangga ... atau ... ehem ... nyolong mangga ... dan gue berakhir dengan biadabnya di acara patroli di teve ... *keren seh ... kayak selebritis ... muka bonyok ... ogah dah* ... see? akibat pilihan yang salah, kita mengambil konsekuensinya juga ...

trus coba lagi inget-inget ... kalo masalah ini nungulnya dari masa lalu .... trus mo kita pikirin lagi ... hmmm ... sounds to me ... wasting time deh ... gak ada gunanya dan juga akan cuma memberi kepuasan pada emosi kita ajah (*note: ini yang terjadi semalem kan, say?) it will get us nowhere ... sementara kita ada disini sekarang (*now here)

bukannya gue gak pernah punya masalah ... atau gak mikirin masalah ... percaya deh ... gue pernah punya masalah ... gue juga pernah mikirin masalah ... gue pernah mimisan hebat gara-gara mikirin masalah ... dan sekarang kadang berasa tolol aja ... masalahnya gini ... masalah sekarang yang kita pikirin dengan heboh-hebohnya sampe jadi stress ... gue yakin pas kita dah melaluinya nanti ... pas kita nengok ke belakang ... kita cuma ketawa kecil ... ketawa gede deh ... ngakak lah ... guling-gulingan di lantai deh ... dan kumat deh ayan nya ... (*ini juga yang elo bilang ke gue kan, say? waktu kita jalan di kelapa gading .... hehehe)

the point is ... don't be too linient to your problems, but don't be too hard to your problems too ... cara kita menghadapi masalah juga menunjukkan gimana kita menghadapi hidup secara umum dan gimana kita bisa bertahan dari kerasnya hidup ... gituh ... udah ah ... gue mo kerja lagi ... WOOOIIII ... penghapusan gundam gue sapa yang ngembat neh?!?! rese ... terpaksa deh ngapus pake sendal jepit swallow lagi neh ... rese ... rese ...rese ... sere ... jahe ... kencur ... kunyit ... ketumbar ... *fading out*